Kebutuhan Mineral Mikro

MINERAL MIKRO

Unsur mikro, disebut pula unsur hara, mikro-mineral atau “trace mineral,” adalah mineral-mineral yang dibutuhkan dalam jumlah yang sangat lah sedikit. Mineral essensial adalah mineral yang dibutuhkan oleh mahkluk hidup untuk proses fisiologi dan di bagi dalam dua kelompok yaitu makro dan mikro. Mineral mikro diperlukan tubuh dalam jumlah kecil. Yang termasuk dalam mineral mikro antara lain : Besi, (Fe) Seng, (Zn) Iodium, (I) Selenium, (Se) Tembaga, Mangan, Flour, Kobal, Kromium, Timah, Nikel, Vanadium dan Silikon.

  1. 1.        BESI

Sumber:
Hati, daging, kuning telur, udang, serelia tumbuk atau difortifikasi, kacang-kacangan dan sayuran hijau.

AKG orang dewasa: 13 mg (Laki-laki) & 26 mg (Perempuan). Sebanyak lebih dari 70% besi berasa dalam hemoglobin

Menurunnya produktivitas kerja pada kekurangan zat besi disebabkan oleh dua hal :

  1. Berkurangnya enzim – enzim yang mengandung besi
  2. Menurunnya hemoglobin darah akibatnya metabolisme energy didalam otot terganggu dan terjadi penumpukan azam laktat yang menyebabkan rasa lelah.

Akibat kekurangan:

Anemia besi, lelah, lemah, kekebalan menurun, produktifitas kerja dan kebugaran berkurang, kemampuan belajar menurun (pada anak-anak), kurang konsentrasi, koordinasi dan reaksi menurun, gatal, luka sukar sembuh, kurang mampu mengatur suhu tubuh.

Akibat kelebihan :

Rasa muntah, diare, denyut jantung meningkat, sakit kepala bahkan pingsan.

Nilai besi berbagai bahan makanan ( mg/100gram)

Bahan makanan

Nilai Fe

Bahan makanan

Nilai Fe

Tempe kacang kedelai murni

10,0

Biscuit

2,7

Kacang kedelai kering

8,0

Jagung kuning ,pipil lama

2,4

Kacang hijau

6,7

Roti putih

1,5

Kacang merah

5,0

Beras setengah giling

1,2

Kelapa tua,daging

2,0

Daun  kacang panjang

6,2

Udang besar

8,0

Bayam

3,9

Hati sapi

6,6

Sawi

2,9

Daging sapi

2,8

Daun katuk

2,7

Telur bebek

2,8

Kangkung

2,5

Telur ayam

2,7

Daun singkong

2,0

Ikan segar

2,0

Pisang ambon

0,5

Ayam

1,5

keju

1,5

  1. 2.        SENG ( Zn )

Sumber:

Kerang, tiram, hati, kacang-kacangan, susu, dedak gandum. AKG orang dewasa: 15 mg (Laki-laki) & 15 mg (Perempuan).

Lokasi:
Di hampir semua jaringan terutama di dalam hati, pankreas, ginjal, otot dan tulang.

Fungsi:
sebagai bagian dari enzim, berperan dalam berbagai aspek metabolisme seperti reaksi, berperan dalam kekebalan yaitu pembentukan antibody, persepsi rasa, dalam pembentukan kulit dan proses penyembuhan luka.
Akibat kekurangan:

Hambatan pertumbuhan tidak sempurna ( kerdil ), mengganggu sistem saraf pusat dan fungsi otak, mengganggu metabolisme dalam kekurangan vitamin A, gangguan nafsu makan serta memperlambat penyembuhan luka.
Akibat kelebihan:

Menurunkan absorpsi tembaga, mempengaruhi metabolisme kolesterol, kelebihan sampai 2 gram atau lebih dapat menyebabkan muntah, diare, demam, kelelahan, anemia dan gangguan reproduksi.

  1. 3.        TEMBAGA ( Cu )

Sumber:
Hati, kerang, serelia tumbuk, kacang-kacangan, ginjal, unggas, tiram, coklat, biji-bijian.
AKG orang dewasa: 1,5-3 mg.

Lokasi:
Di dalam jaringan tubuh, terutama di hati, otak, jantung dan ginjal.
Fungsi:

  1. Fungsi utama enzim di dalam adalah sebagai bagian dari enzim. Enzim-enzim mengandung tembaga mempunyai berbagai macam peranan yang berkaitan dengan reaksi yang menggunakan oksigen atau radikal oksigen.
  2. Tembaga berperan dalam oksidasi besi bentk fero menjadi feri.
  3. Tembaga berperan dalam perubahan asam amino tirosin menjadi melanin, yaitu pigmen dan kulit.
  4. Tembaga juga berperan dalam pengikatan kolagen yang diperlukan untuk menjaga kekuatannya.

Akibat kekurangan:

Anemia, mengganggu pertumbuhan dan metabolisme, gangguan fungsi kekebalan.
Akibat kelebihan:

Penumpukan secara kronis di hati menyebabkan nekrosis hati atau sirosis hati. Mengkonsumsi dalam dosis tinggi dapat menyebabkan kematian

  1. 4.        IODIUM

Sumber:
Garam difortifikasi, makanan laut, air dan sayur di daerah non gondok dan hewan yang makan makanan tersebut. AKG orang dewasa: 150 µg
Lokasi:
Bagian dari tiroksin dan senyawa lain yang disintesis dalam kelenjar tiroid.
Fungsi:
Mengatur reaksi-reaksi yang berkaitan dengan energi sel, mengatur pertumbuhan, perkembangan dan laju metabolisme.

Akibat kekurangan:
Gondok, kretinisme, pembesaran kelenjar tiroid, hambatan mental dan pertumbuhan pada anak; gemuk padaorang dewasa.

Akibat kelebihan:

Pembesaran kelenjar tiroid yang menutupi jalan pernafasan.

  1. 5.        MANGAN

Sumber:
Serelia utuh, sayuran hijau,buah-buahan, teh. AKG orang dewasa: 2,5-5,0 mg.

Lokasi:
Terbanyak di dalam tulang, jaringan di dalam hati, pankreas, jaringan saluran cerna dan kelenjar ptuitari.

Fungsi:
Bagian dari enzim-enzim penting, membantu dalam banyak proses metabolisme.

Akibat kekurangan:

Jarang terdapat pada manusia. Kekurangan mangan sering terjadi bersamaan dengan kekurangan baei. Makanan protein tinggi dapat melindungi tubuh dari kekurangan mangan. Kalau ada hewan menyebabakan steril pada hewan jantan dan betina.
Akibat kelebihan:

Gangguan sistem saraf.

  1. FLOUR

Sumber:
Air minum (bila diflouridasi), teh, kopi. AKG orang dewasa: 1,5-4,0 mg.

Lokasi:
Dalam tulang dan gigi.

Fungsi:
Membantu pembentukan tulang, mencegah kerusakan tulang dan gigi.
Akibat kekurangan:

Kekurangan flour terjadi di daerah dimana air minum kurang mengandung flour. Akibatnya kerusakan gigi / karies dan keropos tulang pada orang tua.
Akibat kelebihan:

Fluorosis ( perubahan warna gigi menjadi kekuning – kuningan ), mual, muntah, diare, gatal, sakit di dada

  1. 7.        KOBAL

Sumber:
Makanan sumber vitamin B12 ( daging, hati, susu dan hasil olahan susu ). AKG orang dewasa: 2 mg vitamin B12

Fungsi:
Bagian dari siano kobalamin (Vitamin B12). Mematangkan sel darah merah dan menormalkan fungsi semua sel, berperan dalam fungsi berbagai enzim.
Akibat kekurangan:

Terjadi bila kekuangan vitamin B12. Karena faktor intrinsik, sindroma gangguan absorpsi dan gastrektomi.
Akibat kelebihan:

Belum diketahui.

  1. 8.        SELENIUM

Sumber:
Makanan hasil laut, daging, hati, serelia, sayuran, sayuran, bergantung pada kandungan seleniu tanah.
AKG orang dewasa: 70 µg (Laki-laki) & 55 µg (Perempuan).

Fungsi:
selenium berperan serta dalam sistem enzim yang mencegah radikal bebas. Sedangakan vit E menghalangi bekerjanya radikal bebas, mencegah penyakit kanker.
Akibat kekurangan:

Resiko penyakit jantung
Akibat kelebihan:

Dosis tinggi selenium ( 1 mg sehari ) menyebabkan muntah-muntah, serta luka-luka pada kulit dan sistem syaraf

  1. 9.        KROMIUM

Sumber:

Biji-bijian, serelia utuh, hasil laut, daging.  AKG orang dewasa: 0,05-0,2 mg
Fungsi:
Berperan dalam metabolisme karbohidrat dan lipida, memudahkan masuknya glukosa ke dalam sel (pelepasan energi).
Akibat kelebihan:

Gejala seperti penyakit diabetes, ketidakmampuan menggunakan glukosa secara normal.
Akibat kekurangan:

Kekurangan krom karena makanan jarang terjadi.oleh karena itu AKG untuk krom belum ditentukan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s